Posted by : MentorKita Minggu, 07 Agustus 2016

Key Word : Rasulullah, Risalah Kebenaran, Tauladan, Akhlak, Mujizat Al-Quran, Islam.


            Rasulullah Muhamad SAW adalah seorang nabi terakhir yang diutus ke bumi oleh Allah SWT. Sebagai seorang nabi dan rasul Rasulullah Muhamad SAW membawakan sebuah risalah kebenaran yaitu sebuah agama tauhid yang mengesakan Allah SWT, risalah yang dibawanya adalah sama dengan risalah yang dibawa oleh nabi-nabi terdahulu (Baca juga : Nabi dan Rasul) yaitu untuk menyembah dah beribahah hanya kepada Allah semata, menjalankan segala perintahnya dan menjauhi segala larangannya.
            Nabi Muhamad SAW merupakan seorang pembawa risalah yang benar. Seorang yang membawakan risalah yang benar juga audah sepantasnya memang memiliki akhlak yang baik atau akhlak yang terpuji, dan tentunya akhlak Rasulullah SAW adalah akhlak yang paling terpuji diantara seluruh umat manusia sampai hari ini, dan beliau juga memiliki prilaku yang sangat baik sehingga beliau patut untuk dijadikan sebagai contoh yang baik dalam segala aspek kehidupan di dunia ini. Allah SWT juga telah menyebutkan dalam Al-quran surat Al-ahzab ayat 21 :
Sesungguhnya Telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu
            Dalam sejarah Rasulullah SAW mamang memiliki sifat yang sangat terpuji, sesuat dengan surat Al-Ahzab ayat 21 tersebut. Karena prilaku beliau yang sangat jujur serta rendah hati sehingga pada masa ketika beliau belum diangkat menjadi nabi dan rasul, Rasulullah SAW dijuluki sebagai Al-amin atau orang yang dapat dipercaya, julukan tersebut diberikan oleh kaum qurais hanya kepada beliau, hal ini karena mereka sangat mempercayainya karena akhlaknya yang mulia. Setelah beliau diangkat oleh Allah SWT sebagai nabi dan rasul tentunya akhlak beliau menjadi pedoman bagi umatnya, dan karena kemuliaan akhlak ini lah ketika deliau mulai melakukan daakwah secara terang-terangan, orang kafir qurais yang tidak suka dengan beliau sangat sulit sekali untuk memfitnahnya karena beliau adalah orang yang sangat dikenal memiliki akhlak yang sangat baik. Hal inilah yang menunjukan bahwa Rasulullah SAW adalah orang yang benar dan tentunya risalah yang diberikan adalah risalah kebenaran.
            Risalah yang dibawa oleh Rasulullah adalah suatu risalah kebenaran. Sebuah risalah yang dinyatakan risalah kebenaran tentunya memiliki nilai-nilai yang sesuai dengan segala kondisi zaman. Al-quran sebagai wahyu dari Allah SWT yang diturunkan kepada Rasulullah SAW adalah sebuah wahyu yang sangat agung, nilai-nilai yang terkandung dalam Al-quran ini memiliki kesesuaian dengan keadaan setiap zaman (Baca juga : Kebenaran Al-Quran untuk setiap zaman).
            Semenjak Al-quran diturunkan hingga saat ini telah terjadi berbagai macam zaman yang memiliki ciri khas zaman tersendiri. Pada abad pertengahan memiliki salah satu aspek yang sangat menonjol dalam kehidupan manusia yaitu dengan majunya zaman kesusastraan, dan tentunya Al-quran pada masa kesusastraan memiliki nilai yang sangat penting, karena Al-quran adalah kitab suci dalam bahasa arab yang memiliki nilai kesusastraan dan bahasa yang sangat tinggi, yang mencakupi keindahan bahasanya serta makna dari suatu kata yang dituliskan dalam Al-quran sangat lugas dan mudah difahami. Setelah itu pada masa sekarang ini kita telah memasuki masanya teknologi dan ilmu pengetahuan. Dan Al-quran sekali lagi menunjukan kebenarannya dalam setiap ayatnya, yaitu dengan ditemukannya berbagai penemuan, dan ternyata hal tersebut telah terdapat dalam Al-quran.
            Sebagai salah satu contoh adalah pada beberapa dekade ini telah dicetuskan suatu teori tantang awal mula terbentuknya jagat raya ini. Dan teori yang menerangkan ini adalah teori big beng dalam teori ini dikatakan bahwa pada mulanya alam semesta ini satu nebula tetapi kemudian terpecah karena suatu ledakan besar. Hal serupa juga terdapat dalam salah satu ayat Al-quran yaitu pada surat Al-anbia ayat 30, seperti berikut :
Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, Kemudian kami pisahkan antara keduanya. dan dari air kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?
            Sekali lagi risalah yang dibawa oleh rasulullah menunjukan kebenarannya, bukan hanya teori big beng saja yang terdapat dalam Al-quran, tetapi masih banyak lagi seperti dalam ilmu embriologi dan astronomi. Dengan demikian al-quran yang merupakan whyu kepada Rasulullah Muhamad SAW memang cocok untuk setiap zaman. Dan tentunya hal ini mengindikasikan bahwa kebenaranlah apa yang dibawa oleh Rasulullah SAW (Baca Juga : Al-Quran dan Science Modern).
            Banyak sekali bukti yang dapat dilihat mengenai risalah kebenaran yang dibawa oleh Rasulullah SAW ini. Selai daripada kandungan dari Al-quran sendiri yang sangat luar biasa, serta setiap ajaran Muhamad juga merupakan ajarang yang sangat baik dan sangat cocok untuk umat manusia, karena pada risalah yang dibawa oleh Rasulullah SAW mencakup seluruh aspek kehidupan, tidak hanya mengurusi hubungan antara manusia dan Allah SWT tetapi juga dalam semua bidang seperti dalam bidang ekonomi, pendidikan, bahkan ketatanegaraan. Dalam bidang ekonomi dalam ajaran yang dibawa oleh Rasulullah SAW mengajarkan tentang prinsip ekonomi yang sangat adil yaitu adalah dengan cara ekonomi syariah yang berdasarkan asas berdagang dan bagi hasil, berdasarkan penelitian di eropa ketika mengalami krisis ekonomi tahun 2008, menyatakan bahwa suatu bang yang menggunakan sistim ekonomi syariah ini lebih tahan dan jauh lebih stabil dengan sistem lainnya. Dalam bidang pendidikan islam memiliki suatu sistem pendidikan yang sangat baik yaitu dengan mengajarkan akhlak serta ilmu pengetahuan secara beriringan sehingga hasil dari pendidikan tersebut bukan hanya seorang manusia yang dapat berkarya, tetapi juga memiliki nilai moral yang tinggi sehingga suatu bangsa dapat maju dengan SDM yang berkualitas ini, hal ini dibuktikan dengan diterapkannya sistem pendidikan islam pada abad pertengahan pada masa ke-khalifahan muslim. Pada masa itu negara islam memiliki SDM yang memiliki kualitas yang sangat tinggi, seperti adanya ibnu sena yang telah menemukan dasar-dasar ilmu kedokteran dan masih banyak lagi ilmuan-ilmuan muslim yang lain.
            Begitu banyak agama yang ada di dunia ini tetapi hanya agama islam lah yang merupakan risalah yang dibawa oleh nabi Muhamad SAW yang mengetur segalanya bukan hanya dalam bidang pendidikan dan ekonomi saja tetapi juga dalam segala bidang, sampai bidang hukum dan ketatanegaraan diajarkan dalam risalah yang dibawanya.
            Risalah kebenaran yang dibawa oleh rasulullah SAW yang sangat sempurna ini menunjukan kesempurnaannya serta memperlihatkan janji-janji yang dikatakannya, salah satu dari janji Allah yang dikatakan dala Al-quran adalah seperti yang dikatakan Allah dalam surat Al-anbia ayat 107  yang mengatakan bahwa risalah atau agama yang dibawa oleh Rasulullah SAW merupakan rahmat bagi seluruh alam ini
Dan tiadalah kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam
            Agama islam dikatakan sebagai rahmat bagi seluruh alam ini, hal ini tentu saja terbukti yaitu ketika masa kekhalifahan. Pada masa itu manusia hidup rukun dan damai berbagai ilmu pengetahuan ditemukan, masyarakat hidup makmur serta tidak merajalelanya kriminalitas. Pada masi itu bangsa kaum muslim mengalami kemakmuran yang luarbiasa serta tidak merusak alam.
            Salah satu indikasi yang sangat penting mengenai kebenaran risalah yang dibawa oleh Rasulullah SAW adalah ketika kaum muslimin dekat dengan agamanya kita mengalami kemajuan yang luar biasa, dan sekarang ketika kita jauh dara agama islam kita mengalami kemunduran yang lusarbiasa pula.

            Sebuah risalah kebenaran yang dibawakan oleh orang yang benar, memiliki ajaran yang benar. Allahu’alam

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © MentorKita - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -